Saturday 22 December 2018

Langkah - Langkah Mudah Beriklan Facebook Ads

Seperti apa yang saya utaran dalam artikel pengenalan Facebook Ads, maka artikel ini adalah lanjutan dari artikel Facebook Ads yang pertama. Dalam artikel kali ini saya akan memebrikan tutorial apa saja yang harus disiapkan dalam beriklan di Facebook Ads. 
Beriklan di Facebook Ads merupakan hal yang sangat penting karena memiliki peran yang begitu vital bagi anda yang ingin mempromosikan produk. Pengaruh FB ads terhadap peningkatan penjualan anda akan meningkat seiring dengan kemampuan anda dalam beriklan. Semakin sering anda beriklan via Facebook Ads, maka akan semakin sering mengetahui trik untuk bisa beriklan dengan benar dan lebih jago baik itu menguasai trik penjualan dari waktu ke waktu.

Panduan dalam beriklan di Facebook ads :
1. Patuhi semua kebijakan yang telah ditetapkan oleh Facebook ads
2. Buat iklan anda semenarik mungkin
3. Pahami siapa saja audience/target produk anda
4. Manfaatkan beberapa tools yang sudah disediakan oleh Facebook ads 

Apa yang Perlu disiapkan Sebelum Kita Mulai Menggunakan Facebook Ads?

1. Tentukan Tujuan Bisnis Anda

Apa tujuan dari bisnis yang Anda ingin promosikan, rinci lebih detail dan ini bisa jadi bahan Anda dalam melakukan penargetan iklan nantinya, buatlah pembuatan kampanye iklan yang tepat bagi jenis bisnis Anda. Anda juga bisa mencari inspirasi dari page yang ada baik itu dari inspirasi sukses Facebook Ads yang telah tersedia.

2. Mantapkan Pemahaman Tentang Target Pasar Bisnis Anda

Seperti apa target khalayak atau pasar yang Anda inginkan? Anda tentunya harus bisa menjawab pertanyaan tersebut. Anda bisa membagi pengunjung berdasarkan referensi minat, umur, usia, gender,  bahkan sampai  kelas ekonomi. Anda tentunya telah memiliki sebuah bayangan pasar khusus (biasa disebut dengan niche market) pada saat Anda ingin  memulai mengembangkan bisnis Anda. Hal ini tentunya bisa memudahkan Anda dalam menargetkan sebuah kampanye iklan Anda.

3. Mantapkan Anggaran untuk Target Promosi Iklan Anda

Tentunya, Anda perlu menganggarkan berapa anggaran yang ingin keluarkan untuk melakukan kampanye dengan Facebook Ads. Anda dapat menghitung anggaran anda secara gambaran besar saja terlebih dahulu dan seiring berjalannya kampanye iklan Anda, nantinya bisa diatur ulangnya lagi agar lebih spesifik sesuai pengalaman kampanye iklan Anda yang telah dijalankan dalam kurun waktu  sebelumnya.

4. Buat Sebuah Media Foto/Video Sebagai Konten Iklan Anda


Yang terakhir, sebenarnya juga penting adalah Anda perlu menyiapkan sebuah media apa yang ingin menjadi pendukung konten iklan Anda. Jika Anda menggunakan media gambar, Anda perlu memerhatikan beberapa aturan yang sudah ditentukan oleh Facebook Ads.

Cara Membuat Facebook Ads Dengan Mudah

Berikut adalah langkah yang harus Anda lakukan bila Anda ingin memasang iklan melalui Facebook Ads

1. Yang pertama silahkan Login ke Facebook Ads

Pertama Anda wajib login terlebih dahulu ke akun Facebook Anda. Setelah Anda berhasil login, Anda langsung bisa menuju ke menu yang terletak sebelah kanan di atas profile Facebook Anda. Kemudian pilih navigasi yang letaknya berada di halaman tersebut yang ada pada bagian pojok kanan paling atas . Setelah itu coba Anda klik kata “Buat Iklan”. Nanti Anda akan langsung menuju ke bagian page Facebook Ads Manager.

Kalau Anda sudah masuk ke page yang saya sebutkan di atas, Anda nantinya akan ditawarkan oleh Facebook Ads beberapa pilihan. Selain itu, Anda juga bisa mempromosikan alamat URL yang anda inginkan, apa saja baik yang berada pada Facebook yang Anda kelola maupun yang berada dari luar page Facebook.

2. Lakukan Pengaturan Akun Facebook Ads

Untuk melakukan pengaturan pada akun Facebook Ads, yang pertama kali Anda coba masuk dan tinjau ke pengaturan Facebook Ads secara keseluruhan, baik mulai dari atas hingga bawah. Buatlah sebuah nama akun yang Anda inginkan. Kemudian, coba isi formulir data-data anda yang tersedia secara lengkap.

3. Atur Tagihan Facebook Ads

Setelah Anda selesai melakukan pengaturan akun Facebook Ads, selanjutnya Anda harus masuk ke menu “Tagihan Facebook Ads”. Setting metode pembayaran yang Anda inginkan lewat apa saja yang  sudah tersedia, misalnya bayar melalui kartu kredit. Dan selanjutnya, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah dalam melakukan proses pembayaran.

4. Lakukan Promosi Produk Anda Dengan Facebook Page dengan Facebook Ads

Untuk promosi, coba atur page Facebook (Halaman Facebook Anda)  yang ingin ditayangkan lewat Facebook Ads. Bagaimanakah caranya? Caranya yaitu dengan mengklik tombol Halaman pada pengaturan Facebook Ads. Setelah Anda berhasil masuk halaman facebook yang Anda kelola, lalu coba klik tombol “Promosikan”. Kemudian klik “Promosikan Halaman Anda”. Selanjutnya, mudah sekali, Anda tinggal ikuti langkah langkah selanjutnya yang sudah diberikan oleh Facebook Ads.

Di sini Anda juga bisa mengatur jumlah biaya promosi yang ingin dikeluarkan bagi kampanye produk Anda. Setelah Anda atur, barulah Anda klik tombol promosikan yang ada pada bilah kanan bagian bawah yang warnanya biru.

Kesimpulan

Dengan Anda membaca artikel ini, berarti Anda telah mendapat info yang sangat penting tentang apa itu Facebook Ads. Selamat mengembangkan bisnis Anda dan semoga berhasil ..!

Good Luck