Saturday 22 December 2018

10 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog - Trik Paling Jitu

Anda merasa tertarik dengan sebuah aktifitas blogging,  meski Anda tidak tahu banyak apa yang harus dilakukan kemudianya ? 

Anda tidak punya pengalaman serta minim kemampuan teknis ngeblog ?  Atau Anda  belum berhasil menghasilkan uang  sejak ngeblog pertama Anda? 

Di artikel kali ini Anda akan menemukan suatu cara untuk menghasilkan uang dari kegiatan blogging,  semua akan berjalan secara perlahan tapi pasti, penghasilan akan Anda peroleh dengan pasti nantinya.

Bagaimana cara agar bisa menghasilkan uang dari blog?

Ini sudah biasa jadi pertanyaan bagi banyak orang, “Bagaimana cara kita menghasilkan uang dari blog?”, Berikut akan saya jelaskan beberapa langkah dasar yang harus kita tempuh,  dari kebanyakan blogger yang mengandalkan blognya sebagai mata pencaharian.

Membuat sebuah blog

Menghasilkan konten yang bermanfaat untuk pembaca
Menemukan banyak pembaca
Membangun kedekatan dengan pembaca yang datang ke media blog Anda
Mulai menghasilkan uang dari jumlah pembaca blog Anda.
Terdengar mudah bukan? Tetapi ada beberapa level, prosesnya cukup sederhana tapi Anda akan tahu banyak pengalaman setelah  Anda jalani.

Cara Memulai kegiatan di blog

Untuk mendapatkan uang dari media blog tentu Anda harus memiliki sebuah blog. Meski cukup jelas, langkah ini juga yang jadi rintangan  bagi kebanyakan blogger pemula yang masih memiliki sedikit atau tanpa ada latar belakang teknis.

Tapi Anda  jangan khawatir, ini tidak sesulit yang Anda bayangkan. Ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memulai sebuah blog:

1. Pilihlah platform blog Anda. 

Untuk memulai sebuah blog, Anda harus memilih platform blog atau media yang akan membantu Anda nantinya. Ada banyak pilihan platform blog yang tersedia di internet, salah-satunya Blogger.com yang menjadi platform paling populer digunakan dan tidak terlalu ribet ngoding serta banyak pilihan desain gratis. Inilah  beberapa alasannya :

Dalam menggunakannya gratis
Mudah digunakan walau tidak tahu koding
Sudah sejak lama digunakan banyak orang serta dilengkapi  sistem keamanan
Anda juga bisa menyesuaikan bentuk blog dengan berbagai tema sesuai selera.

2. Menentukan nama domain URL Blog (alamat blog) 

Langkah selanjutya untuk memulai sebuah blog adalah menentukan nama domain (alamat url blog Anda) agar nantinya blog Anda memiliki alamat rumah secara online dan tetap. Tiap blog memiliki domain masing-masing, jadi  Anda juga harus kreatif untuk menemukan nama domain yang belum digunakan oleh orang lain, namun sesuai konten Blog yang ingin Anda rencanakan. 

3. Konfigurasi blog Anda

Jika ini pengalaman pertama Anda menggunakan Blogger, Anda biasanya akan kebingungan melihat bagian dashboard dan tidak tahu apa yang harus anda lakukan. Tapi jangan khawatir, Lambat laun Anda akan bisa mengatasinya. Ada banyak sekali tutorial blog di internet yang akan membantu Anda menggunakan Blogger dan mengatur berbagai elemen blog Anda untuk membuat blog Anda terlihat dengan baik.

4. Design blog Anda 

Hal yang wajib perlu Anda lakukan adalah design blog. Kesan pertama sangat penting, untuk itu Anda harus memilih design yang bisa membuat media blog Anda menonjol di antara blog-blog yang lainnya.

Anda juga bisa manfaatkan tutorial mengenai pengaturan dasar dan pemilihan tema yang ada. Meskipun ada banyak pilihan tema yang gratis, Anda juga bisa menggunakan tema premium sebagai design blog Anda. Pilihan design premium berefek positif pada blog anda di optimasi mesin pencarian, dirancang untuk versi mobile maupun desktop, serta sangat mudah diinstal dan disesuaikan.

  • Mulailah ciptakan konten yang bermanfaat

Bukan sebuah blog jika tanpa sebuah konten, jadi setelah Anda memiliki blog, Anda perlu mefokuskan perhatian Anda untuk menciptakan sebuah konten yang bermanfaat. Pilihan Anda akan bergantung pada imajinasi ataupun topik yang Anda ingin untuk ditulis.

Kunci keberhasilannya adalah menciptakan sebuah konten yang bermanfaat bagi pembaca. Konten yang bisa menginspirasi pembaca, menghibur pembaca, serta dapat menyelesaikan masalah dan mengubah suatu kehidupan orang lain, dan ini akan sangat membantu pembaca merasa mengenal, suka, hobi dan mempercayai Anda. Semua ini  sangat penting bagi Anda apabila Anda nantinya ingin menghasilkan uang dari media blog.

  • Menemukan pembaca Blog

Ketika Anda menciptakan sebuah konten yang bermanfaat, kadang Anda hanya terfokus dan menghabiskan banyak waktu hanya untuk membangun blog atau oprak template (redesign Theme). Bila Anda ingin menghasilkan uang dari media blog, Anda tidak hanya terfokus pada membangun media blog yang baik, tapi juga Anda harus mulai mempromosikannya.

Segera mulailah dengan memikirkan tentang siapa pembaca atau jenis pembaca yang Anda inginkan pada media blog Anda. Setelah Anda tahu siapa yang membaca blog Anda, bertanyalah kepada mereka dimana kelompok orang ini biasanya berkumpul secara online. Buatlah sebuah catatan ataupun  daftar tentang dimana mereka kemungkinan sering berkumpul:
  1. Apakah mereka suka membaca blog tertentu?
  2. Apakah mereka suka berpartisipasi di forum tertentu?
  3. Apakah mereka suka mendengarkan podcast?
  4. Apakah mereka suka berkumpul di jejring sosial tertentu?
  5. Akun mana yang mereka suka ikuti dari jejaring sosial tersebut?

Tiap tempat yang dikunjungi dari target pembaca blog Anda sendiri,  luangkan waktu Anda untuk terlibat disana,  yaitu dengan meninggalkan sebuah komentar, menawarkan  sebuah guess post, ataupun cukup hanya dengan menjawab sebuah pertanyaan. Kuncinya tersebut adalah untuk  membangun kehadiran mereka, menambahkan nilai, dan  membina hubungan yang baik sesama blogger.

  • Membangun kedekatan dengan pembaca yang datang di media blog Anda

Ketika Anda fokus menciptakan sebuah konten dan menemukan sebuah pembaca untuk blog Anda, Anda mulai melihat pengunjung datang ke blog Anda dan menikmati konten yang Anda buat. Di titik ini Anda harus mengubah fokus menjadi mendekati sipembaca tersebut dan membangun sebuah komunitas.

Responlah komentar yang mereka tulis, dekatilah pembaca secara personal, dan lakukan apapun yang Anda bisa lakukan, untuk membuat mereka nyaman dan terus datang kembali ke media blog Anda lagi dan lagi. Pertahankan para pembaca yang sudah Anda peroleh, bahkan beri solusi dengan baik sehingga mereka akan menyebarkan berita tentang media blog Anda, turut sertalah membangun blog Anda, sehingga blog Anda lebih banyak diketahui banyak orang. Mulailah menghasilkan uang dari pembaca yang Anda milki melalui suatu variasi saluran pendapatan

Empat langkah pertama yang harus anda lakukan, yakni memulai sebuah aktifitas di blog, menulis sebuah konten, menemukan pembaca blog, dan membangun kedekatan dengan mereka,  jadi dasar penting yang perlu Anda lakukan sebelum Anda bisa membangun sebuah pendapatan jangka panjang di media blog Anda.

Memang dalam hal ini dibutuhkan kerja keras tapi bila Anda melakukannya dengan bijak dan baik, berarti Anda memiliki sebuah kesempatan untuk bisa menghasilkan uang dari media blog.

Dengan dasar yang tepat, maka kini Anda siap untuk mulai memperoleh uang dari media blog. Tapi satu hal yang perlu Anda ingat dan terapkan, setelah membuat media blog, memiliki sebuah konten, dan mendekati para pembaca, bukan berarti uang akan mengalir sendirinya secara otomatis. diperlukanjuga  kerja terus-menerus dan melakukan eksperimen untuk menghasilkan uang dari media blog Anda.

7 sumber penghasilan dari blog

Sebuah kekeliruan besar yang blogger sering lakukan tentang monetisasi blog, adalah mereka hanya melakukannya dengan satu cara saja. Namun kenyataannya ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk bisa menghasilkan uang dari media blog.

1. Pendapatan dari jasa iklan

Banyak blogger yang memulai dengan cara ini. Memperoleh suatu pemasukan dari  blog dengan cara ini, tidak jauh berbeda dengan cara suatau majalah atau koran untuk menjual iklan mereka. Ketika traffic blog mulai naik, Anda akan bertemu dengan para pengiklan yang bersedia untuk mengeluarkan biaya agar produk atau layanan mereka bisa dilihat di media blog Anda dan dibaca oleh pengunjung blog Anda.

Meskipun Anda perlu traffic yang baik, sebelum anda menempatkan sebuah iklan, ada banyak iklan jaringan seperti Google AdSense yang sangat memungkinkan penerbit blog yang skala kecil untuk menjalankan iklan di blog mereka.

2. Pendapatan uang dari afiliasi

Promosi afiliasi sekarang ini jadi jenis pemasukan paling umum yang dimiliki kalangan blogger.

Pemasukan dari afiliasi,  berarti Anda harus membuat sebuah tautan ke sebuah produk yang dijual di situs lain, misalnya di Qwords.Com, dan bila seseorang nantinya mengikuti tautan yang Anda pasang dan membeli produk tersebut, Anda nantinya akan memperoleh komisi dari penjualan tersebut.

Ini jadi salah satu cara tepat untuk memulai atau monetisasi blog Anda, karena program afiliasi ini sangat mudah proses sign up-nya. Selain itu juga, bila Anda sudah memiliki pembaca yang setia, mereka akan teropsesi untuk mengikuti rekomendasi yang Anda berikan terhadap suatu produk.

3. Jasa atau layanan service

Satu cara yang umum bagi banyak kalangan blogger untuk mendapatkan sejumlah uang adalah melalui penawaran jasa ke pembacabaik. Ini bisa banyak bentuknya baik itu dalam bentuki dari sebuah pelatihan, konsultasi, cara penulisan, design theme, ataupun layanan freelance lainnya.

4. Mengadakan event (Give Away)

Meski ini bukan pilihan dari kebanyakan kalangan blogger, tapi semakin banyak blogger yang menghasilkan uang dari mengadakan event ataupun Give Away.

Ukuran event yang diadakan juga bervariasi mulai dari konferensi besar maupun pertemuan blogger dan para pembaca dengan skala yang lebih kecil. Uang yang dihasilkanpun bisa dari pembayaran sebuah tiket oleh pembaca yang hadir ataupun menemukan sponsor event. Ikutilah panduan kami untuk mengadakan sebuah event ataupun Give Away.

5. Recurring Income (membership Program)

Kategori yang lain untuk pemasukan para blogger adalah melalui recurring income, bisa juga disebut continuity program ataupun membership program. Ini berarti para pembaca membayarkan sejumlah uang  dengan secara teratur, biasanya bulanan ataupun tahunan, untuk mendapat akses ke konten ini biasanya kelas premium, ataupun area komunitas, bisa jadi ini adalah layanan tertentu, sebuah pelatihan, ataupun gabungan dari semuanya.

6. Produk

Sebagian blogger juga anda yang mendapatkan penghasilan utama dari penjualan buku. Memang pada dasarnya produk macam ini membutuhkan banyak waktu dalam pembuatannya, ya, cukup menguntungkanlah.

Produk ini sebenarnya bisa banyak bentuk, tidak hanya berupa sebuah e-book, tapi juga bisa berupa sebuah produk virtual seperti software/Aplikasi, laporan, dan sebagainya.

Produk jenis lain yang kerap dijual para blogger adalah produk fisik. Ini sebetulnya hal yang sangat wajar bila blogger/Anda  memiliki bisnis atau produk untuk dijual di media blog

7. Aliran pendapatan dari sumber lainnya

Tentu ada pemasukan tersendiri dalam bentuk lain yang diperoleh para blogger. Beberapa diantaranya  berupa permintaan donasi ataupun sindikasi konten ke situs yang lain.

Kebanyakan para blogger full time menghasilkan uang dengan beberapa saluran penghasilan. Memvariasikan pemasukan dan mempercepat perjalanan Anda untuk jadi blogger yang full time.

Pendapatan langsung atau tidak langsung dar blog ?
Sebagai kesimpulan, bahwa blogger menghasilkan uang ada yang langsung dari blog mereka sedangkan yang  lainnya dari offline.

8. Pendapatan dari Blog Adsene To Facebook Ads

Selain Anda menpatakan visitor murni dari search hengine, Anda juga bisa meraup penghasilan dari main Adsense To Facebook Ads. Dengan main facebook ads kemungkinan klik Iklan akan semakin Tinggi dan eraning juga semakin tinggi.

9 Pendapatan yang  langsung :

Blogger juga bisa meletakkan iklan AdSense di beberapa blog dan mempromosikan beberapa produk di situs, seperti Amazon, UC News, sebagai afiliasi dan semakin banyak pembacanya, berarti semakin banyak pemasukan yang Anda dapatkan yang mulai mengalir. Saat traffic mulai tumbuh, pemasukan juga mulai tumbuh, dan Anda akan bisa bereksperimen dengan bentuk pemasukan langsung, namun lain seperti menjual iklan langsung ke pengiklan.

10. Pendapatan yang bersifat tidak langsung :

Ketika blog Anda dan profil Anda mulai tumbuh sebagai hasil dari blogging, Anda juga bisa menjual jasa sebagai pembicara dan konsultan ataupun mendapat sebuah tawaran menulis buku dari penerbit. Anda juga bisa mengadakan sebuah event yang juga akan menghasilkan uang. Semua pendapatan ini tidak datang secara langsung dari media blog Anda.

Meskipun penghasilan dari media blog bisa di gabungkan pemasukan langsung dan tidak langsungnya, namun banyak blogger fokus hanya pada salah-satunya saja.

Jadi, bagaimana? Apakah Anda sudah lebih memiliki gambaran mengenai monetisasi blog?  Atau Anda justru lebih menemukan ide yang lain, yang lebih jitu dan lebih cocok untuk media blog yang Anda kelola? Namun apa pun itu, semoga ulasan yang saya ulas ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di artikel yang selanjutnya.