Friday 7 December 2018

Daftar Objek Wisata Kabupaten Tabalong - Paling Hits Dan Populer


Objek Wisata Tabalong Hits banget - Tabalong adalah kabupaten  yang demografi wilayahnya terdiri atas sungai, rawa, hutan, dataran tinggi dan Gunung maupun pegunungan. Di Kabupaten Tabalong juga terdapat beberapa objek wisata unggulan, di antaranya sebagai berikut :

1. Air Terjun Lano


Informasi Wisata Air Terjun Lano  :  

Air terjun lano adalah air terjun yang ada di Desa Lano Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 17 Meter. Air terjun ini berada di posisi Pegunungan di daerah Desa Lano di area jalan Lintas Provinsi KaltimSel. Dimana area desa ini terletak di wilayah utara Kabupaten Tabalong. Dari Pintu Gerbang ataupun area parkir, kita akan menuju ke bagian hulu sungai, yang berarti kita akan menelusuri sungai ke bagian hulu sekitar 2 KM. Di perjalanan kita akan menikmati suasana hutan yang Indah serta udara yang sejuk dan mental kita akan tertantang, karena perjalanan cukup menantang menaiki anak tangga, menyebarngi sungai, sungai yang kita sebarangi cukup dangkal jadi untuk anak-anak usia 4 tahun juga bisa. Serta Pos istirahat juga sudah disediakan, saya sarankan anda bawa bekal yang cukup banyak, agar anda bisa ngemil diperjalnan. Air Terjun yang Indah serta air yang begitu dingin dan menyejukkan badan membuat kita puas berkunjung kesana.

Alamat :

Jl. Lintas Provinsi Kalsel-Tim Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong. Jarak Desa Lano dengan kota Tanjung kurang lebih 80 km dan bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam (tergantung kecepatan). Jalan menuju Objek wisata beraspal bisa dilakukan dengan kendaraan bermotor maupun dengan mobil.

No HP                         : 085246751195 (Pk Rasyid) / 082351706999 (Pk Mahrani)
Harga Tiket Masuk   : 5.000 / Org (Harga bisa berubah)
Fasilitas                       : WC , Pos Peristirahatan, Area Parkir, Penyewaan Alas kaki.
Penginapan                 : -


2. Goa Liang Tapah


By : https://playworld.id/piknik/view/8374

Informasi Wisata Goa Liang Tapah :

Goa Liang Tapah bisa dibilang goa purba, karena proses terbentuknya goa ini sejak dulu kala, karena adanya proses alam sehingga terbentuklah goa liang tapah ini. Kita tau bahwa di wilayah ini banyak gunung - gunung yang tinggi dan memanjang namun gunung di area ini sudah mati, sehingga aman buat para pengunjung wisata datang tanpa khawatir ada letusan. Goa liang tapah yang di dasarnya ada sungai yanag mana sungai tersebut biasa dipakai untuk area pemandian, air yang berada di goa ini sangat dingin dan sejuk sekali di area sekitar goa, cocok sekali buat kita santai bersama keluarga untuk menghilangkan kepenatan. Kita juga bisa menelusuri kedalam goa tersebut dan kita juga akan di pandu oleh seorang petugas yang ada, jadi aman saja kita masuk kedalamnya tanpa khawatir sesat.

Alamat :

Jl. Lintas Provinsi Kalsel-Tim Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong. Jarak Desa Garagata dengan kota Tanjung kurang lebih 60 km dan bisa ditempuh dalam waktu 1,2 jam (tergantung kecepatan). Jalan menuju Objek wisata beraspal bisa dilakukan dengan kendaraan bermotor maupun dengan mobil.

No HP                         : 085251877680 (Samsuni) / 085346152655 (Mang Kicuh)
Harga Tiket Masuk   : 2.000 / Org (Harga Bisa berubah)
Fasilitas                       : Area Pemandian, WC,
Penginapan                 : -


3. Goa Liang Kantin

By : https://blue.kumparan.com/kumpar/image


Informasi Wisata Goa Liang Kantin :

Goa Liang Kantin bisa dibilang goa purba, karena proses terbentuknya goa ini sejak dulu kala, karena adanya proses alam sehingga terbentuklah goa liang kantn ini. Kita tau bahwa di wilayah ini banyak gunung - gunung yang tinggi dan memanjang namun gunung di area ini sudah mati, sehingga aman buat para pengunjung wisata datang tanpa khawatir ada letusan. Selain melihat panorama alam dari pegunungan dan pemandangan gua yang indah dan menarik ini. Tempat ini juga memberikan gambaran sejarah dan menyimpan legenda rakyat yang dibuktikan dengan bentuk-bentuk batuan seperti meja, kursi serta alat alat pada zaman dahulu yang membatu. Nama Liang Kantin berasal dari Legenda Rakyat dahulu dan juga pemandangan dari bentuk batu dan ruang gua yang mirip dengan sebuah Kantin. Maka tempat ini di sebut dengan Gua liang kantin.

Alamat :

Jl. Lintas Provinsi Kalsel-Tim Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong. Jarak objek wisata dengan kota Tanjung kurang lebih 53 km dan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam (tergantung kecepatan). Jalan menuju Objek wisata beraspal bisa dilakukan dengan kendaraan bermotor.

No HP                          : 082253164155 (Ahmad Syarif) / 085251878438 (Joko)
Harga Tiket Masuk    : -
Fasilitas                       : -
Penginapan                 : -


4.  Air Terjun Riam Mesi


By : http://pesonatabalong.blogspot.com/img

Informasi Wisata Air Terjun Riam Mesi :

Sungai salikung adalah sungai yang berada di Desa Salikung Kecamatan Muara Uaya Kabupaten Tabalong. Sungai ini memiliki arus yang cukup deras, sehingga tak heran ketika kita hendak kesana kita akan menyewa sebuah jukung atau perahu klotok. Alangkah baiknya kita berkunjung kesana disaat musim hujan, karena arus dan objek wisata di sana nampak indah dan kita akan bisa lebih cepat dan mudah dengan akses jalur air da jukung atau katinting bisa beroperasi disaat air sungai cukup dalam, karena ketika air sungai cukup dangkal membuat jukung tidak bisa brjalan cepat karena medan sungai yang cukup banyak bebatuan.

Di saat perjalanan menyelusuri sungainya kita dapat menikmati keindahan alamnya yang dihiasi pepohonan yang rindang dan arus sungai yang cukup membuat ardenali kita tetantang. Disana kita juga akan menjumpai bebatuan kadas yang indah yang terbentuk jutaan tahun terbentuk dengan proses alami. Alangkah baiknya ketika berkunjung ke tempat ini dengan teman-teman yang lainnya, selain memperingan pengeluaran juga agar lebih meriah.

Alamat : 

Jl. Lintas Provinsi Kalsel-Tim Desa Binjai Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong. Jarak Desa Binjai dengan kota Tanjung kurang lebih 65 km dan bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam (tergantung kecepatan). Jalan menuju Desa Binjai bisa dilakukan dengan kendaraan bermotor ataupun mobil. setelah sampai desa Binjai kita akan menaiki trasnportasi katinting atau jukung mesin. Karena medan darat belum bersahabat, sehingga lebih mudah melalui jalur air.

No HP                          : -
Harga Tiket Masuk    : Sewa Katinting  / Jukung Mesin : 900.000 / Jukung (Harga bisa berubah)
Fasilitas                       : -
Penginapan                 : -


5.  Sungai Riam Kinarum


                                                                                    By :  @Gusti_Irwan17
Informasi Wisata Riam Kinarum :
Objek wisata Riam Kinarum yang terletak di Desa Kinarum Kecamatan Upau ini selalu ramai dikunjungi, terutama pada hari-hari libur atau akhir pekan. Objek wisata ini menawarkan keindahan alam, yaitu berupa aliran sungai kinarum yang membentuk sebuah jeram dan dihiasi dengan batu-batu besar. Disamping kanan-kiri sungai terdapat tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi oleh pohon-pohon besar.
Ketika hari libur Riam Kinarum selalu ramai dikunjungi masyarakat baik karena akses menuju objek wisata ini cukup dekat dan mudah. Orang-orang yang berkunjung ke tempat wisata ini biasanya selalu mandi atau bermain di sungai Kinarum karena sungai ini airnya bersih dan menyegarkan. Pada hari libur Nasioanal biasanya di objek wisata kinarum diselenggrakan tarian budaya dayak setempat, selain sebagai media hiburan namun juga sebagai media untuk melestarikan budaya lokal, sehingga pengunjung yang datang ke tempat tersebut dapat menyakiskan dan juga bisa ikut menari dan belajar budaya setempat.
Alamat : 

Jl. Poros Desa Kinarum Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalonga. Jarak Desa Kinarum dengan kota Tanjung kurang lebih 50 km dan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam (tergantung kecepatan). Jalan menuju Desa Kinarum bisa dilakukan dengan kendaraan bermotor ataupun mobil. 

No HP                          : -
Harga Tiket Masuk    : 5.000/Org (Harga bisa berubah)
Fasilitas                       : Perahu karet + Pelampung, WC, Area Parkir
Penginapan                 : -

6.  Danau Tanjung Puri Indah




Informasi Wisata Danau Tanjung Puri Indah :

Danau Tanjung Puri Indah adalah objek wisata bahari. Kenapa saya katakan bahari ? karena objek wisata ini sudah ada sejak saya masih balita. Walaupun objek wsiata ini adalah objek wisata buatan. Namun objek wsiata ini mempunyai keistimewaan tersendiri. Ke istimewaan tersebut adalah mengenai jarak atau lokasi wisata yang berada di jalur Lalu lintas antar Provinsi KaltimSel. Dimana di objek ini selain dijadikan tempat berlibur juga sebagai tempat perisitirahatan para masyarakat yang sedang berlalu dari arah Banjar ke kaltim ataupun sebaliknya. Spot foto yang Indah serta banyak pepondokkan yang sengaja dibangun oleh pemerintah untuk memunjang fasilitas objek wisata ini.


Alamat :

Jl. Poros Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalonga. Jarak Objek Wisata danau tanjung Puri dengan kota Tanjung kurang lebih 30 km dan bisa ditempuh dalam waktu 25 Menit, (tergantung kecepatan). Jalan menuju objek wisata bisa dilakukan dengan kendaraan bermotor ataupun mobil. 

No HP                          : -
Harga Tiket Masuk    : -
Fasilitas                       : Pondok, Wc, Spot Foto dll
Penginapan                 : -

7. Bukit Karamu




By : @datu_Balambika
Informasi Wisata Bukit Karamu :

Dan untuk lokasinya dari  Kota Tanjung menuju Desa Teratau, Kecamatan Jaro - sekitar 50 km, sementara untuk jarak pendakian kurang lebih 800 meter dari jalan raya atau bagi yang sulit mendaki juga bisa menggunakan sepeda motor roda dua (ojek) yang disediakan oleh pengelola objek wisata. Spot Foto yang disediakan berupa Model hati, Perahu, Tulisan KARAMU, Background Gunung dll
.
Alamat :


Jl. Poros Desa Teratau Kecamatan Jaro, Kabupaten TabalongaDan untuk lokasinya dari  Kota Tanjung menuju Desa Teratau, Kecamatan Jaro - sekitar 57 km, sementara untuk jarak pendakian kurang lebih 800 meter dari jalan raya atau bagi yang sulit mendaki juga bisa menggunakan sepeda motor roda dua (ojek) yang disediakan oleh pengelola objek wisata. 

No HP                          : 085248608680 (Pk Jainudin)
Harga Tiket Masuk    : 8.000/Org (Tiket Bisa Berubah)
Fasilitas                       : Spot Foto Yang Indah
Penginapan                 : -

8. Hutan Kota Tanjung

Informasi Hutan Kota Tanjung :

Hutan Kota Tanjung yang berlokasi di Murung Pudak mempunyai daya tarik tersendiri. Hutan Kota Tanjung yang kini mempunyai Fasilitas trotoar dan jembatan yang dicat seperti warna pelangi, dengan air mancur yang berada didepan pintu masuk hutan kota, membuat pengunjung betah berlama-lama di hutan kota. Hutan Kota Tanjung Persada kini memiliki keunikan tersendiri, yakni dengan ada nya jembatan pelangi yang sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto. Serta payung warna warni menghiasi area Hutan Kota Tanjung.

.

Alamat :
JlBelimbing Raya, Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan 71571

No HP                          : -
Harga Tiket Masuk    : -
Fasilitas                       : Spot Foto Yang Indah
Penginapan                 : -

9. Taman Mini 10 K



Informasi Wisata Taman Mini 10 K :

Taman ini juga cocok untuk anak-anak, karena dilengkapi dengan patung-patung binatang seperti gajah, kodok, singa, banteng, rusa, dan jerapah.Selain itu, ditaman juga terdapat motor alat berat bekas perusahaan yang dapat dijadikan spot berfoto. Disekitar taman juga terdapat lapangan bola, lapangan basket, lapangan voli, dan minimarket.
.
Alamat :


Jl. Belimbing, Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan 71571. 

No HP                          : -
Harga Tiket Masuk    : -
Fasilitas                       : Spot Foto Yang Indah, Permainan Anak, Patung Binatang
Penginapan                 : -

10. Masjid Pusaka Banua Lawas




Informasi Masjid Pusaka Banua Lawas :

Masjid Pusaka Banua Lawas adalah masjid tertua yang terletak di desa Banua Lawas, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Masjid ini sering disebut Masjid Pasar Arba karena pada hari rabu, jumlah para pengunjung/peziarah lebih banyak dari hari-hari yang lain. Di masjid tertua di Kabupaten Tabalong yang dikeramatkan ini, selain menjadi tempat ibadah, juga menjadi tonggak atau bukti sejarah diterimanya Islam bagi suku Dayak Maanyan di Kabupaten Tabalong.
Masjid ini ramai dikunjungi atau diziarahi umat Islam dari Kaltim dan sekitar Tabalong. Di Masjid Pusaka ini juga terdapat beduk dan petaka sepanjang 110 cm. Keberadaannya sejak masjid dibangun tahun 1625 masehi yang diprakarsai Khatib Dayan dan saudaranya Sultan Abdurrahman (dari Kesultanan Banjar yang berpusat di Kuin). Khatib Dayan dibantu tokoh-tokoh masyarakat Dayak, juga Datu Ranggana, Datu Kartamina, Datu Saripanji, Langlang Buana, Taruntung Manau, Timba Sagara, Layar Sampit, Pambalah Batung dan Garuntung Waluh.

Alamat :


Sei Anyar, Banua Lawas, Habau, Banua Lawas, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan 71553 

No HP                          : -
Harga Tiket Masuk    : -
Fasilitas                       : Guci Tua, Masjid, Area Pemakaman Penghulu Rasyid dll
Penginapan                 : -

11. Tanjung Bersinar Park




Informasi Tanjung Bersinar Park :

Lokasi Taman Tanjung bersinar park yang berada di area perkotaan Tanjung, di kelurahan Mabuun kecamatan Murung Pudak. Bersebelahan dengan tanjung Expo Center dan Gedung DPRD Tabalong. Area Taman Kota yang Indah dengan dihiasi bangunan bergaya Persia ala ketimur tengah, dengan ditambah permainan anak. Di waktu sore hari banyak sekali pengunjung santai sambil menimati suasana dan berfotoria.




Alamat :


Mabuun, Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan 71571

No HP                          : -
Harga Tiket Masuk    : -
Fasilitas                       : Area Taman Yang Indah, Parkir, WC, Musholla
Penginapan                 : -

Demikianlah Infromasi Objek Wisata di Kabupaten Tabalong yang lagi Hits Banget. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi referensi liburan anda, sampai jumpa di topik pembahasan yang lainnya.