Sunday 23 December 2018

7 Kesalahan Seorang Blogger Pemula - Ini solusinya

Ketika kita terjun kedunia blogger banyak sekali kendalanya. Apalgi kita ini baru menjajaki dunia Blogging. Masih awam soal koding dan yang hanya tau cuma membuat Blog. Tidak tahu cara membuat artikel yang baik ? belum tahu cara membuat link artikel yang bagus ? dan mendesain blog yang disukai banyak orang ?

Kebanyakan kasus yang dialami oleh blogger pemula sungguh beragam, dari kebingungan memilih template sampai bingung apa yang mau ditulis. Ketika kita berhasil membuat sebuah blog hanya satu yang kita tahu yaitu cara membuatnya saja, dan untuk jangka kedepannya terkadang sudah buntu dan terbengkalailah blog kita.

Kesalahan yang sering dilakukan Seorang Blogger pemula cukup banyak, namun saya akan menjelaskan beberapa faktor yang pernah saya alami, dan mungkin juga dialami para temen-temen blogger yang lainnya.


Kasus kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang blogger pemula :

1. Menggantungkan Blog Sebagai Pekerjaan Utama

Banyak blogger tumbang karena tujuan yang mereka ingin capai tertlalu tinggi. Artinya mereka mengharap apa yang bisa ia dapatkan melalui blognya terlalu berambisi. Jangan dijadikan pekejaan utama sebelum anda itu memang sudah merasakan sukses dari blog. Sebelum emndpatkan titik terang, jadikanlah blog itu sebagai kegiatan sampingan saja.

2. Terlalu Memeprinah Tampilan Blog

Membuat blog itu mudah, namun apakah soal membuat Tampilan Blog itu Indah sungguh mudah ?. Ini adalah salah satu faktor yang sering terjadi hingga saat ini. Banyak blogger pemula sibuk dan menghabiskan waktunya untuk memperindah tampilan blognya. Mereka lupa untuk memperindah konten artikelnya. Al hasil waktu banyak terbuang hanya untuk mendesain blog. Padahal kita tahu, sebuah blog akan terkenal dan dikenal karena artikelnya. Artikel itu adalah urutan pertama dan template urutan yang kedua. Kita bisa mendesain blog, asalkan kita sudah membuat artikel tersebut dan di publikasikan, bisa sambil mengisi waktu yang kosong untuk mendesainnya. Tapi banyak kesalahan kita terlena dan habis banyak waktu duduk didepan laptop hanya meredisgn sebuah template. Gonta Ganti template juga dapat merubah kecepatan blog kita dan ini bisa mengganggu arus lalu lintas SEO kita di search engine.

3. Terlalu sering mencari referensi artikel blog orang lain

Kita sering melakukan riset menggunakan Tools yang ada dan sambil mencari-cari keyword yang tepat. Tetapi alhasil kita terlalu terlena, bahkan 2 jam kita mengahbiskan waktu hanya untuk riset keword saja. Coba kalau kita pergunakan waktu 2 jam untuk menulis, sudah dapat 2 artikel lebih.

4. Suka Copy Paste Artikel Blog Tetangga

Banyak blogger pemula melakukan hal ini. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Karena pada dasarnya memang banyak blogger pemula belum tau, padahal copy paste itu perbuatan yang melanggar tos googel itu sendiri. Dan akibatnya sangat berdampak buruk bagi perkembangan blog yang kita bangun. Artikel hasil copas akan susah menang dalam 10 page one di mesin pencarian Google.

5. Tidak Sabar

Banyak blogger frustasi dan meninggalkan blognya, faktor yang utama adalah karena tidak mampu bertahan terlalu lama dan blognya berakhir tragis dan ditinggalkannya begitu saja, dan dia jera untuk menekuni dunia blog dan memilih kerja offline. Padahal itu bisa terwujud asalakan dia mampu untuk terus menekuni kegiatan blognya, karena sukses didunia blogging itu tidak isntan. Jangka panjang namun apa yang kita dapatkan nantinya juga akan mengalir dengan jangka panjang juga. Padahal kesuksesan di dunia blogger itu butuh waktu panjang, bisa 3 bulan bahkan 1 tahun itupun belum merasakan apa yang seperti dirasakan oleh temen blogger yang lainnya.

6. Tidak Konsisten

Menjadi seorang blogger, kita dituntut dalam konsistensi yang tinggi, apalagi kita sebagai blogger pemula, yang baru merintas dan mengisi artikel di media blog kita. Maka sangat diharuskan kita harus rajin update artikel setiap harinya, berbeda dengan blogger yang sudah lama yang mana media bloggnya sudah banyak terdapat artikel. Kalau update satu minggu sekali aman-aman saja, berbeda kalau yang masih pemula harus istiqomah dan konsisten.

7. Terlalu Pesimis

Ketika kita membuat sebuah artikel, untuk apa artikel itu kita buat ? hal ini juga harus dipertimbangakan sebelum kita menulis sebuah artikel. Buatlah suatu tulisan itu yang memberikanmanfaat buat diri sendiri dan orang lain. Setiap tulisan yang berisi suatu jawaban maslaha, maka hal tersebut akan di cari orang lain. Dan yakinlah apabila tidak ada orang lain yang membaca tulisan anda tiadk apa-apa, niatkan saja itu sebagai anda belajar menulis untuk tahap awal.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan oleh blogger pemula. Semoga kedepannya kita dapat menghindari hal di atas. Selamat berkreasi semoga anda sukses sebagai penulis. Apabila artikel ini bermanfaat mohon kiranya bisa disebarkan ke sosmed temen-temen semuanya. Sampai jumpa di pertemuan artikel yang selanjutnya.