Tuesday 27 November 2018

Pawai Budaya Dan Festival Tari Dayak Pedalaman Se Kalimantan Di Tabalong

Dalam Rangka memeriahkan HUT Tabalong ke-53. Digelar kembali Festival tari Dayak Pedalaman yang bertempat di Tabalong Expo Center.

sumber : http://cdn2.tstatic.net/banjarmasin/foto/bank/images/peringatan-hari-jadi.jpg

Adapun peserta Festival Tari Dayak Pedalaman se Kalimantan terdiri dari beberapa sanggar seni maupun sekolah, selain peserta dari Kalsel, ada juga peserta dari Kalimantan Tengah. 

Sedangkan Pawai Budaya Sarabakawa selain dimeriahkan peserta dari Tabalong juga diikuti peserta dari kabupaten lainnnya. Ketua pelaksana kegiatan, Sulaiman Fauzi, mengatakan, tujuan dari kegiatan ini sebagai sarana untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas dan kualitas seniman tari di Kalimantan.





















Diharapkan dengan adanya festival ini dapat menumbuh kembangkan kesenian di Kalimantan, serta memberikan kesempatan kepada penggiat tari untuk mengembangkan bakat dan kteativitasnya. “Kami berharap kegiatan ini bisa menumbuhkembangkan kesenian di Kalimantan dan memberikan kesempatan kepada penggiat tari untuk mengembangkan bakat dan kteativitasnya,” kata Sulaiman. Sementara itu, Kabid Kebudayaan Disdik Tabalong, Masdulhak Abdi, menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan untuk memeriahkan HUT ke-53 Tabalong ini pertama kalinya digelar dengan peserta yang lebih luas.
Para peserta ini mengenakan berbagai macam kostum budaya yang menjadi ciri khas daerah masing-masing. Seperti budaya Banjar,  Dayak dan Jawa.
Rute pawai ini menempuh jarak sekitar 1,5 km. Dimulai dari komplek pengajian guru danau dan menuju garis finish di kawasan Tanjung Expo Center. Di finish para peserta juga diminta menampilkan atraksi.

Adapun untuk peserta yang mendapatkan juara pada acara tersebut adalah :

Juara 1 : Posko La Bastari Balangan, HSS
Juara 2 : Sanggar Ije Atei anak sakula, Kapuas Kalteng
Juara 3 : Regant tatau, Upau

Harapan 1 : Wadian Tambai, Balangan
Harapan 2 : Saseiwapu, sanggar seni walut putih, Jaro
Harapan 3 : Asam Rimbun. Barabai 


Sumber :
  • Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Pawai Budaya dan Festival Tari Dayak Pedalaman se Kalimantan Meriahkan HUT ke-53 Kabupaten Tabalong, http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/11/25/pawai-budaya-dan-festival-tari-dayak-pedalaman-se-kalimantan-meriahkan-hut-ke-53-kabupaten-tabalong?page=2.
  • http://tvtabalong.com/puluhan-grup-meriahkan-pawai-budaya-sarabakawa/
  • https://mobile.facebook.com/haris.fadillah.2811/posts/pcb.2177377932292664/?