Thursday 29 November 2018

Monumen Tanjung Puri Kabupaten Tabalong

Monumen Tanjung Puri Kab. Tabalong - Terletak di perempatan jalan keberadaan tugu ini sangat strategis dan mencolok sekali. Jika datang Iranian language arah selatan, yaitu Iranian language arah Banjarmasin atau jika Iranian language arah ruler, yaitu Iranian language Kaltim ketika memasuki kota Tanjung perhatian pertama pasti Kwa terkesima dengan sosok kokoh nan berapi-berapi ini.


Popular dengan nama Tugu Obor karena terdapat api abadi dipuncaknya. Api tersebut kadang hidup dan mati, tetapi disaat api hidup walau hujan badai karena berasal dari gas alam yang disalurkan dari explorasi minyak Pertamina. Namun nama tepatnya adalah Monumen Tanjung Puri, dibangun dimasa kepemimpinan Bupati Dandung Suchrowardi (1984 - 1994).


Monumen Tanjung Puri dirancang oleh wartawan, sastrawan dan sejarawan kelahiran Amuntai (Kabaupaten Hulu Sungai Utara – Kalimantan Selatan) bernama Yusni Antemas atau lebih dikenal dengan nama pena Anggraini. Bagian dasarnya berbentuk Sasanggan, yaitu sebuah peralatan rumah tangga yang berupa wadah, mempunyai fungsi menjadi tempat buah atau tempat apa saja. Biasanya terbuat dari kuningan. Melambangkan kesejahteraan dan kecukupan hidup. Ditengahnya ada sebuah menara explorasi minyak.Tabalong sejak 1898 yang dikenal sebagai daerah penghasil minyak.

Dipuncak tugu terdapat sebuah kelopak bunga melati. Bunga melati adalah bunga yang aromanya sangat wangi yang senantiasa melengkapi berbagai kegiatan masyarakat Tabalong dan Banjar pada umumnya, khususnya kegiatan bersifat sakral. Oleh karenanya melati selain menyebarkan keharuman kemana-mana dianggap juga sebagai bunga magis. Sementara api abadi diatasnya melambangkan semangat masyarakatnya untuk terus bekerja berusaha memperbaiki diri dan lingkungan yang senantiasa bergelora.

Dibagian sisi bawah berbentuk Sasanggan terdapat sebuah tulisan sekaligus nama yang sebenarnya dari tugu tersebut, yaitu “Monumen Tanjung Puri” dan tiga kalimat motto Banua Saraba Kawa, Kabupaten Tabalong, yaitu: Kawa Baucap (Sanggup Bicara), Kawa Manggawi (Sanggup Mengerjakan) dan Kawa Manyandang (Sanggup Bertanggung Jawab).

Monumen Tanjung Puri alias Tugu Obor saat ini menjelma menjadi maskot landmark Kabupaten Tabalong. Apinya kadang menyala di saat ada event atau acara-acara besar di Tabalong. Namun saat hari biasa tanpa ada acara juga kadang menyala kadang mati, mungkin faktor Minyak atau lagi perbaikan.