Monday 24 December 2018

Belajar SEO : Panduan Lengkap Belajar SEO Untuk Pemula

Artikel kali ini sebenarnya adalah hal yang iseng saya buat untuk membuktikan sejauhmana kemampuan saya dalam bersaing dibidang SEO di search engine. Bukan maksud saya ingin menampilkan diri sebagai master. Namun disini saya hanya bertujuan menunjukkan kemampuan saya dalam bertanding di mesin pencari.

Panduan Belajar SEO Lengkap untuk Pemula. Materi demi materi saya pelajari secara otodidak di Internet yang mana materi tersebut saya dapatkan dari banyak situs, baik itu panduanim, trikmudah seo, dewaweb, strukturkode, mas sugeng, blogooblok, Mastahseo dan situs yang lainnya.

Bolehlah saya bertanya dulu sama diri saya sendiri,  SEO itu apaan sih Mas ?

Boleh dong saya jawab pertanyaan saya sendiri hehe :

" SEO itu adalah sebuah tehnik yang paling penting anda PELAJARI dan harus anda KUASAI lalu anda TERAPKAN kedalam situs anda, agar webiste anda Mendapatkan PREDIKAT di mesin pencari"

Terus, bagaimana materi SEO mas ?
Terus tehnik SEO nya bagaimana ?

" Untuk materi SEO silahkan anda baca di pembahasan berikut ini "
" Nanti akan saya ajarin Tehnik SEO di artikel ini "

Selain kita dapat PREDIKAT di mesin pencari, apa lagi kelebihan kita belajar SEO mas ?

" Kita belajar SEO agar pengunjung nanti banyak berdatangan ke webiste Anda"
Oo, begitu mas
Iya....!

siap untuk belajar SEO ?, yuk simak pembahasan berikut ini..!

SEO adalah kepanjangan dari Seach Engine Optimization, atau sering disebut dengan pengoptimalan situs kita dalam mesin pencari. Tujuannya agar situs kita berada dalam page one di mesin pencari, seperti Google saerch, Yahoo, Bing dan yang lainnya. Maka otomatis akan banyak pengunjung yang datang ke situs kita.

Karena tidak sembarangan situs yang berada pada 10 besar di mesin pencari itu timbul dengan sendirinya, melainkan dengan beberapa tahapan seleksi, kan alat pemcari lebih pintar dan lebih tepat untuk memberikan kepuasan bagi para penggunanya. Mari kita pelajari tahap awal yaitu KONSEP DASAR SEO

  • KONSEP DASAR SEO

Ada apa dengan SEO? Kenapa kita harus tahu tentang seluk beluk SEO ?

Apa itu Google ? Apa itu Yahoo ? Apa itu Bing ?

Seperti apa yang saya sebutkan, bahwa kita belajar SEO adalah untuk memahami cara kerja mesin pencari yaitu Google, Yahoo, dan Bing. 

Karena kita tahu ketiga alat mesin pencari di atas penggunanya sangat banyak sekali, baik itu orang Indonesia maupun orang luar negeri. Oleh sebab itu anda harus belajar SEO agar banyak pengunjung nantinya yang datang ke situs anda. Kan lumayan kalau kita berhasil dan menguasai tehnik SEO ini, bisa berkembang bisnis kita nantinya.

Menurut observasi dilapangan bahwa pengunjung ber trafik tinggi yang datang ke sebuah situs adalah hasil dari mereka tau dari mesin pencari, oleh sebab itu betapa pentingnya kita mempelajari tehnik ini. Bahkan kualitas pengunjung yang datang ke situs anda melalui mesin pencari itu yang dinilai bagus oleh mesin-mesin pencari diatas, daripada kita lebih banyak sebar link melalui sosmed.

Jadi, tehnik SEO ini cocok sekali bagi anda-anda semua yang ingin menjadi Pengusaha bisnis dibidang marketing, Blogger Profesional, Affilate sebuah produk, Toko online,sebuah website perusahaan ataupun Bisnis.

Dikarenakan calon atapun costumer anda banyak menemukan anda dari mesin pencari. Maka tidak heran ada sebuah jasa iklan seperti Google Ads. 

Jadi : Google, yahoo, Bing adalah sebuah produk, mereka menginginkan banyak orang puas menggunakan layanan mereka. Jadi pengguna menginginkan layanan terbaik tidak bisa dipungkiri maka sebua website ataupun situs yang dianggap relevan oleh mesin pencari akan muncul di halaman  paling pertama mereka.  Oleh sebab itu, mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil yang terbaik dari kata kunci yang dimaskukkan oleh para penggunanya.

Jadi, yang terbaik disini menurut saya adal dari segi :

1. Konten yang disajikan
2. Struktur dan Navigasi
3. Kepuasan pengguna
4. popularitas sebuah situs

Jadi, dalam materi dasar SEO ini anda akan belajar bagaimana menjadi yang terbaik dari kompetitor yang lainnya.

Tersu, Bisakah situs saya sukses Tanpa SEO ?

Bisa saja situs anda sukses tanpa SEO kalau anda itu sudah sukses dan terkenal duluan di dunia offline, contohnya saja seorang artis atapun orang yang sudah dinobatkan menjadi master web ataupun anda menjadi panutan banyak orang seperti ustadz ataupun ulama. 

Sebenarnya SEO itu tidak terlalu penting bagi orang yang tidak mau belajar. Namun bagi saya segala ilmu baru yang kita tahu itu sangat penting, dan sangat penting untuk kita pelajardan kuasai. Apalagi kita seorang bsinis marketing ini sangat penting sekali.

Tersu, Apa saja yang harus anda pelajari untuk meguasai SEO ?

Yang harus anda pelajari untuk menguasai SEO adalah :

1. Optimaan situs anda baik itu wesite atapun Blog
2. Riste kata Kunci (Keyword Research)
3. Menganalisa Kompetitor
4. Membuat konten yang teoptimasi
5. Membangun jaringan ataupun Komunitas agar situs anda lebih populer dan dikenal banyak orang
6. Melakukan audit terhadap performa SEO
  • On Page SEO
Materi yang kedua adalah ON Page SEO : Apa itu On Page ?

On Page adalah sebuah tindakan untuk mengoptimasi Halaman dan Konten website untuk Mesin Pencari
 Jadi tujuan On Page SEO adalah untuk mengoptimasi dari bagian Internal website anda, apakah konten website atapun tema template anda itu relevan dan mempunyai kualitas untuk dijadikan kebanggan dan di angkat di dalam halaman mesin pencari di no pertama mesin pencari.

inti dari sebuah On Page SEO adalah :

1. Konten website ataupun blog anda dapat memebrikan manfaat untuk pengunjung
2. Memudahkan pengunjung dalam meng eksplorasi situs anda
3. Pengunjung merasa betah di dalamnya
4. Mesin pencari mengerti webiste atau blog anda

Jadi, kesimpulan dari ON Page SEO adalah anda harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengunjung, anggap saja situs anda adalh sebuah warung, kalau pengunjung ingin betah dan betahan lama yaitu Pelyanan harus baik, produk harus lengkap, kalau perlu di kasih SPG Girl yang cantik agar pengunjung bisa betah bertahan lama di situs anda,hehe.

Kalau toh pengunjung datang ke situs anda lalu dalam beberapa detik pengunjung sudah lari dan berpindah ke situs yang lainnya, berarti pelayana situs anda masih ada yang kurang dan hal ini tidak diskuai oleh mesin pencari.

Adapun komponen situs yang baik adalah :

1. Konten yang Komplit, jelas dan padat dan tentunya Original
2. Keyword terarah
3. Judul menarik
4, Url : Terarah dan jelas (Valid)
5.Meta discripsi jelas
6. Gambar memikat (Kasih gambar sesuai dengan Topik pembahasan0
7. Outbond link (refernsi ke situs lain)
8. internal link ( navigasi jelas)
9. Social sharing
10. Kecepatan website/blog
  • Riset Kata Kunci (Keyword Planner)
Hal ini sangat penting, tujuannya untuk mengetahui seberapa besar pengunjung yang lagi rame dengan topik kesehatan, Blogging, wisata, Tutorial dan lain sebagainya. Kalau kita tidak melakukan riset keyword otomatis situs kita juga sepi pengunjung. Dengan menggunakan Riset kata kunci maka kita akan tahu, topik apa yang lagi rame di butuhkan oleh pengunjung dalam musim buah, musim liburan, musim otomotif atapun musim HOAX.hehe..

  • Off Page SEO
Off page SEO adalah intinya, kita membagikan link situs kita ke sosiam media, bisa kita melalui Instagram, Youtube, Facebook, dan yang lainnya. Makin banyak kita sebarkan link makin dikenal orang website kita, namun hati-hati kalau terkena spam link ya, saran saya gunakan jasa Iklan sosmed aja, seperti Facebook Ads, Google Ads ataupun Instagram dan yang lainnya. Dalam penerapan Off page SEO anda bisa selipkan bebeapa backlink pada artikel anda, carilah sumber backlink yang berkualitas tinggi, dari situs yang sudah terkenal kalau bisa. Tapi gak maslaah kalau anda mau tanamkan backlink so, bearrti anda harus menyuguhkan artikel yang berkualitas tinggi.


Nah, kalau anda sudah membaca dan mempelajari beberapa materi SEO di atas semoga anda faham dan mampu menerapkannya di situs kalian.

  • Kesimpulan :

Jadi agar website anda mampu bertahan dan dimunculkan di halaman pertama, sebainya tersu amalkan materi di atas. Lakukan penecekan setiap hari dan terus mencoba sambil belajar. Gagalpun tak apa  yang penting kita mau mencobanya. Dan mungkin itu saja materi yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat. Apabila materi ini beranfaat mohon kiranya menyebarluaskan ke sosmed kalian, sampai jumpa di pembahasan artikel selanjutnya.