Friday 14 December 2018

Manfaat Buah Rotan Bagi Kesehatan Tubuh - Luar Biasa

Hai sobat blogger. Pernahkah anda memakan buah rotan ?, istilah saya menyebutnya buah Tu'u. Pohon rotan banyak tumbuh di kawasan hutan di Tabalong. Selain rotannya bisa dibuat kerajinan meubel ataupun kerajinan tangan, buah rotan juga bisa di konsumsi. Buah rotan bentuknya yang kecil dan bulat, kulit buah rotan seperti kulit salak, bermotif sisik. Rasa buah rotan ada manis, asam, serta sepet dalam bahasa banjarnya yaitu kalat. Apabila kita terlalu banyak makan buah rotan gigi kita akan berwarna merah bahkan hitam, karena daging dari buah rotan tersebut nempel di sisi gigi kita.


Cara mengolah ataupun makan buah rotan di tempat kami sangat beragam, bisa di rendam di air garam terlebih dahulu, bisa di makan langsung ataupun bisa dijadikan campuran mancok. Namun saya memakan buah rotan saya rendam dulu ke air hangat lalu saya campur garam secukupnya lalu saya diamkan selama 5 menit. Tapi tidak langsung di rendam ya, di kupas dulu kulitnya lalu kita rendam ke air garam. Hal tersebut saya lakukan agar ketika saya memakannya mendapatkan rasa tersendiri, yaitu rasa manis asin.

Tips, agar gigi kalian setelah memakan buah rotan tidak berwarna merah ataupun hitam, ketika selesai memkannya janganlupa gosok gigi, karena dari pengalaman yang sudah-sudah, ketika kita makan buah rotan namun kita lambat menggosok gigi, maka buah rotan yang kita makan akan meninggalkan warna di sisi gigi kita akan menempel dan hilangnya cukup lambat, bisa dua hari lebih baru warna yang menempel di gigi kita akan memudar hilang.

Rasa buah tu'u atau buah rotan yang terkenal kalat atau sepet ini, ternyata banyak mengandung akan manfaat, contohnya seperti di lansir dalam situs CintaiHidup.com bahwa buah rotan mengandung beberapa manfaat di antaranya sebagai berikut :

1. Mencegah Sariawan

Buah rotan memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Mengingat kandungan ini, maka konsumsi buah rotan bisa mencegah sariawan. Vitamin C juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mempercepat penyembuhan sariawan. Disamping itu vitamin C juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah gusi berdarah. Buah rotan bisa anda manfaatkan untuk menambah asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.
2. Menjaga Fungsi otot

Buah rotan juga mengandung zat besi, lho! Konsumsi satu mangkuk buah rotan bisa memenuhi 13% kebutuhan zat besi harian. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga fungsi otot. Zat besi menjadi unsur penting berupa mioglobin yang bekerja di otot. Mioglobin bertugas dalam mengangkut oksigen yang bersal dari hemoglobin, mioglobin selanjutnya berdifusi ke seluruh sel-sel otot. Kekurangan zat besi dapat berakibat pada kelemahan otot.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Buah rotan mengandung kalsium yang baik bagi tulang dan gigi. Sedikitnya ada 26 mg kalsium dalam buah rotan. Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Asupan kalsium yang cukup dapat menjaga kesehatan dan kekuatan gigi serta menjaga kepadatan tulang. Tulang kita selalu mengalami regenirasi maka kita akan selalu membutuhkan kalsium ladies. Salah satunya bisa ladies dapatkan dari buah rotan.

4. Mencegah Anemia

Salah satu hal yang dapat menyebabkan anemia adalah kekurangan zat besi. Sobat Blogger bisa mendapatkan asupan zat besi dari buah rotan. Buah rotan mengandung sedikitnya 3 mg zat besi. Zat besi memiliki tugas utama dalam membentuk hemoglobin. Terutama wanita sangat membutuhkan hemoglobin karena kehilangan darah selama periode menstruasi. Mengkonsumsi buah rotan bisa manfaatkan dalam membantu mencegah anemia.

5. Sumber Energi

Buah rotan mengandung sejumlah tinggi kalori, lho! Kalori merupakan sumber energi bagi tubuh kita. Tubuh kita juga membutuhkan asupan kalori untuk dapat beraktivitas. Organ tubuh juga membutuhkan kalori untuk dapat berfungsi dengan baik. Meski buah rotan memiliki ukuran yang kecil namun buah ini mampu menambah asupan kalori dan dapat menjadi sumber energi untuk berbagai aktivitas kita.

6. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C dalam buah rotan dapat difungsikan untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas selalu mengintai kulit kita dan sangat dulit untuk dihindari. Padahal radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini pada sel termasuk juga kulit. Upaya paling gampang untuk mencegah penuaan dini adalah dengan memberikan antioksidan yang salah satunya terdapat dalam vitamin C. Jika anda memakan buah rotan tentu dapat membantu mencegah penuaan dini.

7. Meremajakan Kulit

Buah rotan dapat memberi 12% kebutuhan vitamin C harian pada tubuh. Vitamin C dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah radikal bebas sekaligus memfasilitasi perbaikan kulit. Nutrisi dalam buah rotan dapat membantu meremajakan kulit. Nutrisi tersebut juga dapat berguna dalam memerangi kerusakan kulit yang diakibatkan polusi lingkungan dan paparan sinar matahari.

8. Menjaga Metabolisme Tubuh

Zat besi yang terkandung dalam buah rotan memiliki fungsi yang sangat banyak untuk tubuh. Disamping mencegah anemia dan menjaga fungsi otot, zat besi sangat penting dalam sistem enzim dan metabolisme energi. Nutrisi ini menjadi fasilitator dalam pengaturan suhu tubuh yang dapat mengoptimalkan metabolisme dan proses enzimatik. Tugas zat besi berkaitan dengan proses enzimatik untuk kinerja organ-organ tubuh.

9. Melembabkan Kulit

Vitamin C merupakan nutrisi penting dalam merawat kulit. Buah rotan mengandung vitamin C yang berguna untuk kulit. Nutrisi ini dapat membantu mencegah kulit kering sekaligus melembabkan kulit. Vitamin C memiliki kemampuan dalam menahan air yang dibutuhkan oleh tubuh dan kulit. Vitamin C juga bisa menjaga elastisitas kulit sehingga kulit anda tetap lentur.

10. Menghaluskan Kulit

Kandungan vitamin C dan nutrisi dalam buah rotan dapat menjaga kulit tetap halus serta lembut. Vitamin C juga dapat menjadikan kulit nampak bercahaya. Vitamin C dalam buah rotan juga bisa anda manfaatkan untuk membantu mencerahkan dan memutihkan kulit. Konsumsi buah rotan dengan teratur bisa membantu anda dalam merawat kulit agar tetap cantik serta sehat.
Itulah 10 manfaat buah rotan untuk kesehatan dan kecantikan. Buah rotan juga memiliki kandungan protein yang bagus untuk tubuh. bagiaman dengan penjelasan di atas apakah anda tertarik ingin mengonsumsinya ?
Selamat mencoba, Semoga bermanfaat!
Refrensi :
http://cintaihidup.com/