Friday 16 November 2018

Bertemu Sosok Mahluk Penghuni Objek Wisata Goa Liang Tapah

Hai sobat blogger...

Berbicara tentang Goa pasti tidak luput dengan pembahasan soal mistis. Seperti halnya penghuni Objek Wisata Goa Liang Tapah yang berada di Desa Garagata Kecamatan Jaro. Saya bertemu dengan sesosok mahluk tersebut di dalam Dasar Goa, sehingga membuat saya tercengang tak berkedip.

Awal cerita, saat di hari minggu, saya dan teman-teman sehabis pulang dari Air Terjun Lano, menyempatkan berkunjung ke Goa Liang Tapah. Melihat waktu masih pukul 14.00, sepeda motor saya kebut ke lokasi Goa tersebut. Sampai di lokasi parkir, saya lihat pengunjung sangat ramai sekali ada yang mau pulang dan ada yang baru datang. Saya lihat pengunjung banyak berasal dari luar Desa.


Di perjalanan saya sempatkan juga menikmati suasana yang ada, terlihat pohon karet menghiasi perjalanan. Untuk lokasi parkir dengan tempat pemandian dan Goa cukup jauh, sekitar 700 M. Tak apalah saya berjalan kaki yang penting di temani oleh pengunjung yang baru datang, jadi saya tidak sendirian jalan kakinya hehe..


Singkat cerita sampailah saya di lokasi wisatanya, terlihat banyak muda mudi, tua tuwi, berenang dan bersendau gurau baik di darat maupun di air. Wah ternyata seru juga ya bermain air di sini 'ucap saya dalam hati.

Waktu itu saya tidak mandi, karena suhu yang cukup dingin dan sudah mulai sore jam 15.00 jadi saya dkk  cukup memantau saja melalui darat. Tak lama saya sudah mengelilingi lokasi tersebut namun saya belum masuk kedalam Goa. Dan tidak lama kemudian ada pengunjung yang masuk ke dalam Goa, wah bakal seru nih kalau saya ikutan masuk ke dalam Goanya'ucap saya dalam hati. Akhirnya saya ajak temen-temen masuk kedalam Goa, baru saja sampai di bibir Goa, suhu mulai berubah sekejap. Suhunya langsung dingin dan saya rasakan juga lembab.


Saya dkk masuk di pandu oleh penduduk setempat, Alhamdulillah ada yang memandu' ucap saya dalam hati, kalau tidak ada pemandunya bisa nyasar di dalam Goanya. Saya lihat pemandu berbekal senter kepala mata satu, waduh bakal gelap dong 'ucap saya dalam hati. Untuk menyiasatinya akhirnya saya gunakan Sintar HP, lumayan buat penerang jalan'ucap saya dalam hati


Jalan di dalam Goa yang begitu becek dan licin membuat saya harus berhati-hati. Dan saya lihat ke dinding Goa dan langit-langit goa sangat gelap, saya mendengar suara mahluk. Dan saya hanya terus memandangi dinding-dinding Goa tersebut sambil meraba jalan dengan kaki. Dan saya lihat ada sarang burung walet padahal mau saya ambil, tapi kata temen-temen, gak boleh ngambil sembarangan nanti penghuninya marah baru sadar kamu..! 'ucap teman saya.

Dan rasa penasaran terus muncul, saya menelusuri jalan yang ada di dalam Goa mengikuti sang pemandu sambil naik tangga dari bambu yang licin, sambil ngobrol sedikit mengenai sosok pemghuni Goa nya. Dan serasa di dalam Goa ini aneh seperti berada di dunia lain. Dan mendekati menuju jalan keluar Goa tersebut, baru saya di kasih tahu, sebenarnya sosok Penghuni Goa tersebut adalah burung walet dan kekawanan Kelelawar.


Saya kira apaan tadi, sekalinya mahluknya itu binatang, saya kira mahluk astral guys, nakut-nakutin juga ternyata om pemandunya.hehe.

Dan buat kalian yang belum pernah masuk kedalam Goa Liang Tapah  bisa di coba, kalian bakal meraskan sensasi tersendiri betapa serem dan penasarannya ada apa dan apa saja yang dapat kita jumpai di dalam Goa tersebut.

Nah buat kalian yang belum tau jalannya, silahkan bisa seraching di google Maps.
Dan yang gakptek atau males buka google maps, bisa baca petunjuk jalan berikut ini :
Jarak tempuh dari Kota Tanjung menuju Goa Liang Tapah sekitar 60 KM. Setelah sampai Kec. jaro terus saja sampai dipersimpangan sebelum pasar. Lalu pilih jalan kiri, menuju arah gunung lalu terus saja melewati area perkampungan dan persawahan terus saja dan nanti akan menjumpai spanduk Ucapan selamat datang.Nah kalian kalau masih ragu bisa bertanya dengan penduduk sekitar.

Demikian ulasan tentang Penghuni Objek Wisata Goa Liang Tapah, semoga menambah penasaran. Ayoo.. ke Tabalong.

#AYo_KeTabalong
#Tabalong_Bungas.